Coba sekarang!Cari tahu berat badan idealmu sekarang, GRATIS!

Penyebab, Gejala, dan Mengobati Diabetes Melitus

Cerupon.com – Diabetes melitus atau familiar kita dengar sebagai penyakit kencing manis merupakan penyakit yang diakibatkan dari berbedaan hormon, berdampak sel-sel di dalam tubuh tidak bisa menyedot glukosa dari darah. Penyakit tersebut muncul saat dalam darah tidak memiliki insulin yang cukup atau saat sel-sel tubuh tidak bisa bekerja dengan normal terhadap insulin dalam darah.

Insulin ialah hormon yang dibuat dari pankreas yang memiliki fungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen. Dikarenakan tidak memiliki insulin yang cukup, kadar glukosa dalam darah naik, melainkan sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan asupan persediaan dengan normal.

Kelebihan glukosa dapat keluar dan tercampur air seni. Penyebab diabetes melitus atau kencing manis ialah faktor dari bibit, bebet, bobot atau keturunan, memiliki badan gemuk sehingga kinerja pankreas menjadi lebih berat, tidak/kurang berolahraga, dan stres atau banyak pikiran.

Gejala diabetes melitus ialah buang air seni berlebihan dalam jumlah tidak wajar, mendapati rasa lapar yang berlebihan, berat badan terus menurun meskipun cukup/sudah banyak makan, badan kerasa lemah dan lesu, kurang stamina, sering mendapati kesemutan pada bagian kaki, membutuhkan waktu lama untuk sembuh dari luka dikarenakan imbas dari penyakit gula dan lebih was-was lagi jika berkelanjutan penglihatan menjadi terganggu hingga buta.

Oleh karna itu, kesempatan ini Cerupon akan berbagi resep obat herbal untuk penyakit diabetes melitus dengan menggunakan resep tradisional dan tanaman obat, yang secara keseluruhan tumbuh-tumbuhan yang digunakan bersifat alami dan herbal tidak memiliki efek samping. Berikut ini obat tradisional untuk penyakit diabetes melitus sampai pencegahannya, berikut ini ramuan obat herbal diabetes melitus:

Resep obat #1

Bahan-bahan:

  1. Sambiloto (kering) 10 sampai 30 gram.
  2. Batang brotowali 5 hingga 20 gram.
  3. Daun mimba 8 gram s/d 20 gram.
  4. Daun sendok 10 gram hingga 30 gram.

Cara membuat:

  • Gunakan bahan-bahan yang masih fresh.
  • Kamu cuci semua bahan sampai bersih.
  • Rebus dalam 1 liter air.
  • Sampai sekiranya tinggal setengah (± 500 ml) yang tersisa. Segera saring.

Dosis yang dianjurkan:

  • Minum pada waktu pagi, siang, dan sore hari (sekali minum ± 150 ml).

Resep obat #2

Bahan-bahan:

  1. Buah duwet amblan (kering) 10 gram.
  2. Tanaman ciplukan 10 gram hingga 30 gram.
  3. Jarong (kering) 10 gram sampai 25 gram.
  4. Batang brotowali (kering) 5 hingga 20 gram.
  5. Kumis kucing (kering) 10 gram hingga 20 gram.

Cara membuat:

  • Pastikan bahan yang akan digunakan masih segar.
  • Kemudian kamu cuci semua bahan sampai bersih.
  • Rebus dalam 1 liter air.
  • Segera saring bila air tersisa setengahnya (± 500 ml).

Dosis yang dianjurkan:

  • Minum pada waktu pagi, siang, dan juga sore (sekali minum ± 150 ml).

Resep obat #3

Bahan-bahan:

  1. Rumput mutiara (kering) 15 gram sampai 30 gram.
  2. Jarong (kering) 10 gram hingga 20 gram.
  3. Daun salam (kering) 8 gram sampai 20 gram.
  4. Buah mahkota dewa 5 gram hingga 20 gram.

Cara membuat:

  • Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan fresh atau segar.
  • Kamu cuci semua bahan tersebut.
  • Lalu rebus dalam 1 liter air.
  • Sampai tersisa setengahnya (± 500 ml), segera kamu saring.

Dosis yang dianjurkan:

  • Minum dalam kurun waktu pagi, siang, dan juga sore hari (± 150 ml).

Selengkapnya:  Panduan dan Cara Mengolah Obat Tradisional

Adapun solusi lain untuk mengobati diabetes melitus dengan alami, tentunya bisa kamu terapkan setiap hari dan juga tidak jauh beda dengan ramuan obat herbal untuk diabetes melitus sebelumnya, bahan-bahan yang digunakan dari sayur-mayur segar dan bisa dihidangkan bersama menu makan kamu, apa saja itu? berikut ini penjelasannya:

Mengkonsumsi Pare

Buah Pare yang dikenal dengar rasanya yang pahit, ternyata sudah dinobatkan sebagai buah obat, karna kandungan dalam buah pare meliputi glikosida, saponin, polifenol (antioxidant yang begitu kuat), vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C. Kinerja pare pun dapat membatasi usus untuk menyerap kandungan gula (makanan/minuman yang kamu konsumsi sebelumnya).

Terlebih lagi pare juga memiliki elemen yang mirip dengan sulfonylurea yaitu obat anti-diabetes paling lama dan banyak digunakan sampai saat ini, karena dampaknya bisa membuat pangkreas untuk membuat insulin jauh lebih banyak lagi.

Cara mengkonsumsi pare bisa juga di jus atau dari perasan airnya dan cara lainnya 200 gram biji pare (disangrai) lalu ditumbuk halus, dan diseduh serbuk pare 10 gram dengan air 150 ml, dianjurkan tiga kali dalam sehari.

Mengkonsumsi Buncis

Jika kamu bosan dengan pare karna rasanya yang pahit, kamu juga bisa hidangkan menu makanmu dengan adanya buncis. karena kenapa? karena kandungan zat B-sitosterol dan juga stigmasterol dalam buncis mampu untuk menurunkan gula dalam darah, terlebih lagi buncis juga mampu untuk menaikkan kadar insulin di dalam tubuhmu.

Itulah informasi yang sudah di paparkan untuk sahabat Cerupon cara mengobati diabetes melitus secara alami dengan memanfaatkan ramuan tanaman obat dan juga tumbuhan hingga buah, selebihnya tinggal kamu yang memilih sendiri mau menerapkan dengan cara apa. Dan tidak lengkap rasanya jika tips mencegah diabetes melitus tidak diulas, berikut ini ulasannya:

Pencegahan diabetes melitus

  1. Rutin melakukan olahraga.
    Jarang olahraga atau gerak merupakan faktor terkena diabetes melitus, mulai sekarang sempatkanlah untuk berolahraga minimal seminggu 1 hingga 2 kali.
  2. Kurangi manis-manisan.
    Siapa yang tidak suka akan rasa manis, begitu menggugah selera. Lantaran “berawal manis menjadi pahit pada akhirnya,” yang dimaksud adalah manis-manisan seperti kue, teh manis, hingga gula sekalipun awal dari menanam bibit penyakit diabetes melitus jika dikonsumsi tidak sesuai takaran akan berakhir fatal bagi diri sendiri, boleh asalkan proporsional agar tubuh tidak lemas karna kekurangan gula dan juga diimbangi dengan olahraga rutin.
  3. Atur pola makan yang baik (diet).
    Kenapa? sudah saatnya kamu untuk mengatur pola makan yang rendah akan gula dan juga karbohidrat. Nah, biasanya pola makan untuk diet itu rendah gula dan karbohidrat yang baik menjaga kestabilan gula pada tubuhmu.
  4. Hindarkan minum air dingin dan bersoda.
    Mungkin ini merupakan kebiasaan buruk kita sehari-hari minum air dingin atau bersoda, karena semua itu akan berdampak pada obesitas dan berujung pada diabetes melitus dimana kadar gula dalam darah akan melonjak tinggi.

Selengkapnya:  Menu Makanan Sehat Penurun Berat Badan

Peringatan!

Perlu diingatkan bahwa sebelum kamu mengkonsumsi ramuan tanaman obat diatas, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk menghindari perihal yang tidak di inginkan.

Mau Bertanya / komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *