Coba sekarang!Cari tahu berat badan idealmu sekarang, GRATIS!

Menu Makanan Sehat Penurun Berat Badan

Cerupon.com – Makanan apa yang bisa menurunkan berat badan? Menu diet memang selalu menjadi bahan perbincangan yang menarik. Apalagi bila kamu memang tidak ingin bermasalah dengan tubuh gemuk, perut buncit, atau berlemak.

Menurunkan berat badan susah-susah gampang dilakukan, tetapi sebenarnya hal tersebut bergantung dari berapa besar keinganan dan konsistensi kamu menjalankan program diet. Adapun bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan tidak perlu melakoni diet ketat. Apalagi bila sampai harus melewatkan waktu makan. Berdiet tidak berarti mengurangi jadwal makan kamu.

Kamu tetap butuh makan 3 kali dalam sehari hanya saja porsi dan polanya harus diatur. Pola makan yang baik dan terjadwal bisa menjadi salah satu rahasia sukses dari program diet. Pastinya bakal lebih efektif bila tidak hanya pola dan porsi makan saja yang diatur, namun perhatikan pula kandungan gizi dari menu harian kamu.

Dalam hal ini penting bagi kamu untuk bisa menghindari makanan yang memiliki kandungan kalori dan lemak tinggi misalnya keju, daging, dan makanan berlemak lainnya. Ganti menu makanan tersebut dengan makanan sehat untuk menurunkan berat badan seperti makanan yang kaya serat alami dan protein nabati.

Jenis makanan yang bisa menurunkan berat badan bisa kamu peroleh dari ragam makanan kaya serat. Mengapa serat? Hal ini karena serat membutuhkan waktu lebih lama agar bisa dicerna. Jadi bisa dibilang serat baik dipilih untuk menunda rasa lapar.

Tidak hanya itu saja, serat juga bermanfaat menunda konsentrasi insulin. Jelas ini penting artinya karena bila kadar insulin dalam darah cukup tinggi bisa memicu rasa lapar berlebihan. Lalu makanan sehat apa saja yang bisa membantu menurunkan berat badan? Berikut ulasan menu makanan untuk menurunkan berat badan Cerupon:

Menu Makanan Sehat Pagi Hari

Makanan apa yang bisa menurunkan berat badan? Untuk menu makanan sehat di pagi hari kamu bisa mencoba membuat campuran omelet dengan sayuran segar seperti jamur, sawi, atau brokoli. Beberapa jenis sayuran tersebut mempunyai kalori rendah tetapi memberi efek mengenyangkan.

Meski menu sarapan pagi terkonsentrasi pada sayuran, tetapi kamu akan merasa kenyang sampai siang. Khusus untuk kamu yang sebelumnya terbiasa sarapan dengan sereal atau roti bisa juga mengurangi porsinya dan mengganti dengan buah apel, jeruk, atau pisang.

Selengkapnya:  Menu Sarapan Sehat, Praktis & Tepat Buat Diet

Menu Makanan Sehat Siang Hari

Biasanya seseorang akan “gila” makan di siang hari karena merasa membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas. Memasuki waktu makan siang tetap kontrol nafsu makan kamu. Bila kamu sudah terbiasa mengonsumsi makanan berat tinggi karbohidrat dan kalori seperti nasi, mie, bihun, atau lainnya sebaiknya kamu mulai mengurangi atau malah menggantinya.

Sebagai alternatif pilih makanan yang dapat menurunkan berat badan seperti polong-polongan, kacang-kacangan, kentang atau nasi merah untuk mengganti nasi. Walau dikonsumi dalam porsi sama polong-polongan, kacang-kacangan, kentang dan nasi merah memiliki kalori lebih rendah dibanding nasi.

Menu Makanan Sehat Malam Hari

Hati-hati dengan resep makanan yang kamu pilih untuk menu makan malam. Kebutuhan kalori ketika kamu beraktivitas di pagi, siang, dan malam hari sangat berbeda. Usahakan untuk menghindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori di waktu malam.

Hal ini karena tubuh akan mendapat kesulitan mengubah kalori menjadi energi. Alhasil kalori yang masuk dalam tubuh hanya akan disimpan dalam bentuk timbunan lemak. Oleh sebab itu, untuk resep makanan menurunkan berat badan di malam hari kamu bisa mengonsumsi protein dari ikan.

Ikan baik karena kaya kandungan omega 3 seperlu memenuhi asupan gizi. Selain itu, omega 3 juga bermanfaat memberbaiki sel tubuh dan mengoptimalkan perkembangan otak.

Kamu bisa menambah sayur brokoli atau buah segar sebagai kombinasi. Namun, pastinya semua harus tetap dikonsumsi dalam porsi cukup dan tidak perlu berlebihan. Itulah beberapa macam makanan sehat yang ampuh sebagai penurun berat badan.

Sebagai informasi tambahan, bila selama ini kamu menganggap cokelat merupakan musuh dari program diet dan makanan yang dapat menurunkan berat badan, coba pikirkan sekali lagi.

Siapa sangka bila ternyata mengonsumsi cokelat khususnya di malam hari dapat membantu menekan nafsu makan berlebih dan menghilangkan lapar. Akan tetapi, tentu saja cokelat yang dikonsumsi masih harus dalam jumlah yang dikontrol. Hal ini karena cokelat masih merupakan camilan yang tinggi gula dan bisa jadi menyebabkan kecanduan.

Selengkapnya:  Cara Menurunkan Berat Badan 1 KG Per Hari

Sebagai penutup imbangi menu sehat kamu dengan olahraga teratur. Olahraga termasuk aktivitas yang dapat membantu mengoptimalkan program diet yang sedang kamu jalani. Tidak perlu terlalu sering. Cukup lakukan olahraga ringan 2-3 kali dalam seminggu.

Pilih olahraga seperti bersepeda, berenang, atau jogging yang efektif membantu pembakaran lemak karena beberapa olahraga tersebut dapat memaksa tubuh kamu aktif bergerak. Tetapi bila padatnya aktivitas kerja membuat kamu tidak bisa berolahraga rutin, kamu bisa mencoba fokus dan lebih menekankan pada makanan apa yang bisa menurunkan berat badan.

Mau Bertanya / komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *