Coba sekarang!Cari tahu berat badan idealmu sekarang, GRATIS!

11 Cara Lengkap Menggosok Gigi Dengan Benar

Cerupon.com – Siapa yang tidak mau memiliki penampilan yang menarik? karena penampilan yang menarik memanglah dibutuhkan di kala kamu sedang berada di sekolah, kampus, hingga kantor sekalipun.

Yup! salah satunya dengan memiliki gigi yang terawat baik dan juga mulut yang sedap aromanya. Oleh sebab itu, kamu wajib untuk merawat gigi dan juga mulut agar mencapai impian tersebut.

Selengkapnya:  Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Tepat & Cepat

Namun tidak sering kamu rasakan bahwa saat menyikat gigi kamu tidak didapati hasil yang tidak memuaskan. Peristiwa semacam ini bisa saja terjadi dikarenakan kamu tak mampu melakukan-nya dengan baik dan juga benar, masih memiliki kesalahan saat menyikat gigi yang memang kamu tidak ketahui secara mendalam.

Pada kesempatan kali ini, Cerupon akan membahas topik cara menggosok gigi dengan benar dan juga baik. Menggunakan teknik dasar yang baik, bisa kamu terapkan saat menyikat gigi dan juga didapati hasil yang memuaskan pastinya, yakni gigi kamu bisa putih, bersih dan juga sehat.

Gunakan pasta gigi secara proporsional

Banyak presepsi yang salah dikalangan umum di kira dengan menggunakan pasta gigi yang berlebihan mampu membuat gigi mampu bersih secara cepat. Memakai pasta gigi tidak secara proporsional atau secukup-nya ternyata tidak mampu membuat gigi dengan cepat bersih.

Lantaran kebalikan dari itu, menggunakan pasta gigi dengan komposisi se-biji kacang tanah atau cukup dengan olesan pasta gigi 1/4 pada sikat gigi (diujung) akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

bagian depan gigi

Presepsi yang salah selanjutnya adalah cara menggosok muka gigi. Pada umumnya sebagian dari kita menggosok gigi secara horizontal atau garis mendatar (kekiri dan kekanan) pada muka gigi. kebalikan 360ยบ dari itu, bahwa menggosok muka gigi yang baik dan juga benar yakni dengan memutar bukan melainkan secara horizontal.

Karena jika kamu menggunakan teknik secara horizontal, sisa makanan dan juga bakteri justru akan terselip pada sela-sela gigi. Lakukanlah mulai sekarang dengan teknik memutar dan tidak perlu menggunakan tenaga saat menggosok gigi agar gusi tidak terluka.

bagian atas gigi

Melanjutkan dari sebelumnya cara menggosok muka gigi dengan teknik memutar, langkah selanjutnya yakni dengan teknik vertikal pada bagian atas gigi agar sisa makanan atau bakteri yang bersembunyi pada lubang dan juga sela-sela gigi dapat keluar. Lakukan dengan cara ke atas dan kebawa secara berkala.

bagian dalam gigi

Tidak jauh berbeda dengan teknik sebelumnya, cara menyikat gigi pada bagian atas dengan vertikal, bagian dalam gigi juga perlu di sikat, namun yang harus diperhatikan adalah jangan menggosok gigi dengan tenaga, karena dapat melukai gusi.

lidah dan langit mulut

Sebagian dari kita pasti lupa akan menyikat lidah dan langit mulut, jangankan keduanya, dari salah satupun pasti ada yang terlewatkan.

Nah, yang harus kamu perhatikan ialah teknik menggosoknya. Bukan dengan cara vertikal karena tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, melaikan dengan teknik memutar sama seperti teknik menggosok pada bagian muka gigi dan juga tidak perlu menggunakan tenaga karna ini merupakan bagian sensitif pada mulut.

Nah itulah tadi, kita sudah simak teknik menggosok gigi yang baik dan benar secara mendalam yang sudah dipaparkan untuk sahabat Upon, tidak lengkap rasanya jika tidak memberikan juga tips tambahan agar agar gigi tetap terjaga kesehatanya. Apa saja itu? berikut penjelasannya:

Gunakan sikat gigi yang benar

Seperti apa sih sikat gigi yang benar itu? sikat gigi yang benar yakni memiliki bulu yang lembut dan juga memiliki pola (ulir) pada bulu sikat, bukan mendatar. Tau kenapa? karena bulu dari sikat gigi yang memiliki pola (ulir) dan juga lembut mampu menjangkau bagian atau sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat gigi yang datar.

Jangka waktu menggosok gigi

Tidak harus terburu-buru saat menggosok gigi, karena sesuatu hal yang dilakukan secara terburu-buru hasilnya tidak akan maksimal. Waktu yang dianjurkan saat menggosok gigi yakni 30 detik hingga 45 detik, dipastikan seluruh bagian gigi dan juga mulut kamu sudah tersikat dengan merata hingga pada sela-sela gigi yang sulit dijangkau.

Mulai pakai penyegar mulut

Untuk memaksimalkan hasil yang di dapat, kamu bisa menggunakan penyegar mulut setelah menyikat gigi, kandungan yang dimiliki penyegar mulut yakni flourida yang mampu membuat nafas segar dan juga mulut jauh lebih bersih dengan merata. Cukup dengan berkumur-kumur satu kali dengan merata, kamu akan lebih percaya diri lagi melakukan aktivitas.

Rutin mengganti sikat gigi

Sikat gigi pun juga dapat rusak karena pengunaannya secara berkala, tanda kerusakan pada kisat gigi tersebut juga dengan mudah kita kenali antara lain alur pada bulu sikat gigi sudah tidak teratur dari sebelumnya, warna bulu pada sikat gigi berubah menjadi kusam, dan mungkin sikat gigi sudah dipakai lebih dari 2 bulan. Makan kewajiban dari kamu yakni mengganti sikat gigi.

Hindari gosok gigi setelah makan

Tampaknya yang satu ini penuh dengan kontra, lantaran presepsi umum yang diketahui ialah mengosok gigi yang baik setelah makan. Pada kenyataanya dalam dunia kedokteran, bahwa menggosok gigi setalah makan tidak dianjurkan.

Mau tau kenapa? menyikat gigi sehabis makan dapat menimbulkan asam yang tinggi dalam mulut. Diakibatkan dari gula yang ada dalam makanan akan berinteraksi terhadap bakteri pada plak. Pada akhirnya akan terbentuk asam yang berdampak erosi.

Hindari gosok gigi setelah minum

Yang dimaksud ialah setelah minum minuman yang memiliki kandungan asam tinggi seperti soda, jus jeruk, dan juga jus anggur. Alangkah baiknya ditunggu sampai 45 sampai 60 menit sebelum menggosok gigi kamu. Agar tidak merusak email pada gigi.

Demikian tips dan cara lengkap menyikat gigi dengan benar dan juga baik untuk diterapkan, semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu untuk merawat gigi dengan optimal.

Selengkapnya:  Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Dengan Tepat

Mau Bertanya / komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *