Baca selengkapnya Panduan mengolah obat tradisional dengan benar!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Tepat & Cepat

Cerupon.com – Akibat bau napas akut (Halitosis) atau bau mulut kronis sering mengganggu seseorang dalam ngobrol sehari-hari, itulah pengaruh bau mulut baik untuk penderita maupun orang lain yang diajak ngerumpi. Terkadang, orang lain terasa jadi enggan untuk mengungkapkan sebenarnya kepada orang yg menderita bau mulut saat berinteraksi, lantaran karena penderita tidak merasakan bau mulutnya, beda halnya dengan orang yang diajak berbicara. Banyak faktor dan penyebab bau mulut yang beragam, mulai dari pengasaman sisa makanan yang ada di sekitar gigi dan mulut, gigi berlubang, radang gusi, infeksi saluran pencernaan, atau bahkan sisa makanan yang keluar melewati saluran pernapasan.

Selengkapnya:  Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Dengan Tepat

Maka dari itu kali ini Cerupon akan uraikan cara mengatasi bau mulut secara alami mulai dari mengobati bau mulut hingga tips mencegah bau mulut dengan memanfaatkan ramuan tanaman obat tradisional yang dapat kamu lakukan dirumah. So, begitu mudah untuk di terapkan. Berikut ini penjelasan mengobati bau mulut:

Resep obat #1

Bahan-bahan:

  1. Daun beluntas (kering) 10 gram sampai 25 gram.
  2. Kayumanis (kering) 5 gram.
  3. Cengkeh (kering) 10 biji.
  4. Kapulaga (kering) 5 buah.
  5. Kunyit (kering) 20 gram.

Cara membuat:

  • Pastikan bahan-bahan yang digunakan masih segar.
  • Cuci semua bahan-bahan hingga bersih.
  • Lalu iris-iris kunyit.
  • Rebus semua bahan-bahan dalam 1 liter air bersih.
  • Setelah air sudah setengahnya (± 500 ml), segera saring.

Dosis yang dianjurkan:

  • Minum sehari 3 kali (sekali minum ± 150 ml).

Resep obat #2

Bahan-bahan:

  1. Pegagan (kering) 10 gram sampai 30 gram.
  2. Daun sirih (kering) 20 gram.
  3. Temulawak (kering) 10 gram hingga 25 gram.
  4. Cengkeh (kering) 10 biji.
  5. Kencur (kering) 30 gram.

Cara membuat:

  • Lihat kembali bahwa bahan-bahan yang digunakan masih segar.
  • Cuci semua bahan-bahan sampai bersih.
  • Lalu geprak kencur dan temulawak.
  • Rebus semua bahan-bahan dalam 1 liter air bersih.
  • Setelah air rebusan sudah didapati setengahnya (± 500 ml), segera saring.

Dosis yang dianjurkan:

  • Minum sehari 3 kali (sekali minum ± 150 ml).

Resep obat #3

Bahan-bahan:

  1. Pegagan (kering) 10 gram sampai 25 gram.
  2. Daun sendok (kering) 10 gram hingga 25 gram.
  3. Bunga belimbing wuluh (kering) 20 gram.
  4. Bunga tanjung 20 gram.
  5. Kapulaga (kering) 5 biji.

Cara membuat:

  • Pastikan bahan ramuan tersebut dalam keadaan segar.
  • Cuci semua bahan-bahan sampai bersih.
  • Lalu rebus dalam 1 liter air bersih.
  • Setelah air rebusan tinggal setengahnya (± 500 ml), segera saring.

Dosis yang dianjurkan:

  • Minum sehari 3 kali (untuk sekali minum ± 150 ml).

Selengkapnya:  Panduan dan Cara Mengolah Obat Tradisional

Memang bau mulut bisa keluar kapan saja dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Bau mulut tak sedap juga bisa disebabkan dari sedikitnya kandung air liur dimulut. Alangkah baiknya, Cerupon mempunyai cara lain untuk menghilangkan bau mulut tak sedap sebagai opsi kedua kamu, tepatnya bisa membantu kamu menghilangkan bau mulut tidak sedap diwaktu genting atau saat itu juga kamu bisa menghilangkan bau mulut. Apa saja itu? berikut ini penjelasannya:

Konsumsi Permen

Siapa yang tidak suka permen? pasti semua suka karena rasanya yang manis, tapi jangan salah pikir dulu. Permen yang dimaksud adalah permen karet. Karena kenapa? dengan kamu sering mengunyah permen karet, lantaran disaat itu pula mulut kamu akan terus menghasilkan air liur. Jika perlu kamu mencari permen karet yang mengandung Xylitol karena selain menghilangkan bau mulut tak sedap bisa untuk menjaga kebersihan gigi, meningkatkan merekatkan gigi dan gusi, mencegah dari gangguan pada gigi, dan menghindari infeksi pada telinga.

Konsumsi Buah

Ternyata buah bisa menjadi penyelamat kamu. Karena buah mampu merangsang air liur untuk keluar disaat waktu yang genting. Saat kamu mengkonsumsi buah pun juga harus diperhatikan adalah yang kaya akan vitamin C, karena buah yang kaya dengan vitamin C dapat membantu lebih cepat untuk air liur keluar. Apa saja buah itu? sudah pasti yang paling familiar kita dengar adalah jeruk, tetapi jika kamu bosan dapat mengganti dengan apel, mangga dan pear. Disaat waktu genting kamu dapat dengan mudah mencari dan juga membawanya.

Konsumsi Susu

Tak perlu sungkan untuk mengkonsumsi susu berapa pun itu usiamu. Selain susu itu  benar-benar baik buat kesehatanmu sendiri ternyata dapat menghilangkan bau mulut tak sedap. Karena sifat susu itupun sendiri untuk menetralisir bau mulut yang dihasilkan dari kuman mulut dan juga akan merangsang air liur untuk cepat keluar.

Bagaimana? mudah dan sederhana bukan, cara menghilangkan bau mulut? bahan-bahan yang digunakan untuk menghilangkan bau mulut pun juga tak asing didengar dan sering kita jumpai di pasar maupun supermarket. Terapkan secara rutin hingga bau mulut kamu hilang. Setelah kamu dinyatakan bebas dari bau mulut, lakukanlah pencegahan bau mulut yang sudah dipaparkan dibawah ini setiap hari.

Pencegahan Bau Mulut

  1. Sikat gigi dan bersihkan lidah dengan rutin.
    Mungkin kebanyakan dari kita melakukan gosok gigi saat mandi, benar kah? alangkah baiknya sehabis makan dan juga sebelum tidur gosok gigi, tapi tak apalah, yang penting kamu menggosok gigi hingga ke bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi dan juga bersihkan lidah secara merata diwaktu bersamaan.
  2. Gunakan penyegar mulut.
    Agar bau mulut hilang dengan maksimal, kamu harus membeli dan gunakan cairan penyegar mulut yang dijual di supermarket atau minimarket, terapkan setelah menggosok gigi atau juga bisa sehabis makan. Gunakan secara proporsional.
  3. Konsumsi air putih & Berkumur-kumur.
    Dan terakhir ialah banyak mengkonsumsi air putih dan sering berkumur-kumur secara berkala, jika perlu ditambah dengan sedikit garam untuk mengganti opsi sebelumnya dengan penyegar mulut. Selain ekonomis, berkumur-kumur dengan garam dapat menghilangkan bau mulut tak sedap dan tidak memiliki dampak atau efek samping bagi mulut, karena alami.

Mau Bertanya / komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *